Add to Technorati Favorites Blog Advertising Get Free Shots from Snap.com GrowUrl.com - growing your website Guestbook

Sabtu, 31 Desember 2011

Ikan Kakap Merah (Lutjanus calcater)


Ikan Kakap Merah (Lutjanus calcater) mempunyai bentuk tubuh yang pipih, bagian punggung tebal, bentuknya hampir menyerupai belah ketupat. Sisiknya ctenoid yang bentuknya besar–besar, sisik pada kepala dan pangkal sirip punggung lebih kecil–kecil. Tubuh insang bergerigi, mulut pada ujung kepala letaknya nyerong. Sudut mulut mempunyai sembiran kulit, berada tepat di bawah mata. Gigi pada rahang atas dan bawah kecil dan runcing–runcing. Ujung belakang dari sirip–sirip punggung dan dubur bentuknya bulat, sirip ekor bulat dan memiliki 5 jari–jari lunak ( Saanin, 1968 ). Ikan kakap merah ini habitatnya di perairan air laut. Ikan kakap merah ini juga warna merahnya juga kurang mengkilat dari pada ikan merah yang biasa, dan ikan yang lebih besar kelihatan berwarna ros.
Ikan Layur (Trichiurus savala)
          Klasifikasi ikan Layur adalah sebagai beikut: Kingdom Animalia, Phylum Chordata, Kelas Osteicthyes, Ordo Perchomorphi, famili Trichiuridae, Genus Thrichiurus, Spesies Thrichiurus savala.
         Ciri-ciri ikan tersebut adalah: tergolong gnasthostomata, masuk dalam kelas osteichthyes, tubuh bilateral simetris, bentuk tubuh pita/taeniform, kepala berbentuk lancip, mulut sub terminal, mempunyai sirip punggung/Dorsalis, dada/Pectoral, dan habitatnya di air laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar